Agar Cepat Untung, Lakukan Cara Bisnis Online Shop Jitu Ini!

Post Top Ad

Minggu, 14 Mei 2017

Agar Cepat Untung, Lakukan Cara Bisnis Online Shop Jitu Ini!


cara bisnis online shop


Berbicara soal online shop (olshop), mungkin saat ini di Indonesia sendiri jumlahnya sudah mencapai ribuan dengan beragam produk yang dijual. Target pasarnya pun bermacam-macam, namun tetap saja yang disasar adalah para pengguna aktif internet yang dewasa ini didominasi oleh anak-anak muda dan orang-orang dewasa di bawah 40 tahun. Apa saja dapat menjadi komoditi online shop, mulai dari fashion, kosmetik, akomodasi, gadget, kuliner, alat-alat elektronik, properti, voucher, pulsa, dan masih banyak lagi. Sukses atau tidaknya suatu olshop tergantung si pemilik. Oleh karena itu dibutuhkan cara bisnis online shop yang benar.

Benar atau tidaknya cara untuk berbisnis olshop ini sebenarnya juga relatif. Karena ada yang awalnya hanya iseng atau aji mumpung namun berakhir dengan mendulang kesuksesan. Ada juga yang dari niat awal memang ingin membuka olshop tapi justru berakhir pada kerugian dan akhirnya justru gulung tikar. Terlebih lagi saat ini, penipuan melalui online shop sudah sangat marak dan sedikit banyak berdampak pada olshop lainnya yang bukan palsu. Begitulah pahit manisnya berbisnis online shop. Namun, bagi Anda yang berniat mendirikan olshop, berikut ini ada beberapa tips jitu untuk Anda:

  1. Bekali diri dengan pemahaman & pengetahuan internet.
Hal ini mutlak sifatnya dan wajib hukumnya. Mengapa? Karena pangsa pasar Anda adalah di dunia maya, yaitu internet. Sama halnya jika kita berjualan di pasar konvensional, kita harus lebih dulu mengenal seluk beluk nya. Begitu juga jika Anda berjualan secara online, yang hampir semua transaksi dilakukan termasuk dasar penggunaan blog/website toko online Anda.

Jika Anda mengelola website/blog untuk lapak olshop Anda, cara bisnis online shop dengan media tersebut adalah pastikan Anda selalu membuat konten yang menarik yang tidak jauh-jauh dari komoditi yang Anda jual. Misal Anda menjual kosmetik wanita, buatlah konten mengenai kecantikan dan lifestyle wanita, termasuk tips-tips menarik. Aktiflah dalam medsos seperti Instagram, Facebook, BBM, Twitter, dan lain-lain, karena dari medsos tersebut, Anda bisa menjaring konsumen sebanyak-banyaknya.

  1. Foto produk yang berkualitas.
Sebenarnya simpel, namun ternyata dampaknya sangat luar biasa. Sebab konsumen akan lebih yakin dengan foto-foto yang terlihat menarik. Hal ini akan memudahkan konsumen melihat dari detail produk dari berbagai sisi. Penggunaan kamera yang bagus seperti camera digital dengan resolusi di atas 5 MP atau bila perlu dengan kamera DSLR untuk menghasilkan kualitas foto yang terbaik. Jangan lupa perhatikan pencahayaannya. Terkadang program aplikasi editing di komputer seperti Photoshop atau Corel Draw juga dibutuhkan untuk memberi hasil yang terbaik.

  1. Layanan cepat tanggap.
Kecepatan dalam melayani konsumen merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kualitas pelayanan. Jangan pernah biarkan konsumen menunggu lama. Kecuali jika Anda benar-benar sedang sibuk atau sedang menyetir dan sebagainya. Ini memang sudah menjadi resiko apabila Anda belum memiliki pegawai atau asisten dalam menjalankan olshop Anda, jadi jangan pernah tinggalkan handphone Anda di rumah.

  1. Ciri khas, promo menarik dan recruit reseller/dropshipper.
Cara bisnis online shop yang satu ini sangat efektif untuk memperluas jaringan bisnis Anda. Selain dengan membuat olshop dengan ciri khas tersendiri, jangan lupakan promo-promo menarik setiap beberapa periode sekali. Kemudian gunakan sistem open reseller/dropshipper untuk menambah keuntungan Anda sekaligus “bagi-bagi rejeki” kepada orang lain. Banyak olshop yang berhasil menerapkan metode tersebut dan memperoleh keuntungan yang berlipat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Post Top Ad